CARA BOOKING & KETENTUAN

Bagaimana cara melakukan booking?
Untuk melakukan booking, Anda harus transfer DP dulu via transfer sebesar 100.000 x jumlah malam x jumlah kamar. Misalnya pesen 3 kamar, 2 malam cek in selasa cek out kamis. Maka yang ditransfer adalah sebesar 600rb.

Contoh yang baik dan benar untuk booking:

Q: Selamat siang, apakah betul menyewakan apartemen harian?
A: Iya betul. Ada yang bisa dibantu?Q: Saya ingin menginap dari tanggal 14 maret 2015, sampai tanggal 19 maret 2015. Berapa yang harus saya bayar?

A: Oke baik. Berarti 5 malam ya. Total biaya sewa, 1.150.000. Mohon transfer 500.000 sebagai dp untuk booking. Booking akan dicatat setelah konfirmasi transfer.
Q: Transfer kemana?

A: Transfer ke:
BCA: 7640734145
BNI: 0346346854
Mandiri: –
A.n Asep Sopian Sauri

Q: Oke sudah saya transfer uang sebesar 500.000 ke rekening BCA a.n Asep Sopian Sauri dari rekening a.n Saiful baharz.
A: Oke siapp. Akan saya record. Prosedurnya nanti akan saya infokan pada hari H (tgl 14 maret ).

Bisa tidak sih bayar cash sekalian di tempat?

Oke baik,akan saya jelaskan, bisa-bisa Saja bayar cash di tempat, tapi selama kamar masih available ya. Artinya kalo udah ada yang transfer duluan untuk booking juga, saya kasih prioritas kepada yang sudah transfer.

Misalnya hari selasa kamar yang available sisa 1. Anda mau check in hari selasa jam 15.00. Jam 14.45 atau 15 menit sebelumnya, Anda sms saya mau booking kamar, tidak mau transfer karena sudah dekat, bayar ditempat. Kemudian ternyata, jam 14.52 ada orang lain juga yang mau. Dia mau masuk jam 18.00. Saya suruh transfer dp 100rb, dia transfer jam 14.59. Akhirnya kamar yang tersisa saya kasih kepada yang sudah transfer. Kemudian jam 15.00 Anda sampai di apartemen, Anda telfon saya dan saya bilang kamarnya sudah full. Anda terkejut dan marah-marah karena merasa dipermainkan. Bayangkan pesen 15 menit yang lalu, tiba-tiba sampai di apartemen kok bisa-bisanya sudah full. Saya ga akan tanggung jawab dan ambil pusing dengan situasi seperti ini.

Cerita ini bukan rekayasa ataupun berlebihan. Sudah sangat sering sekali kejadian saya dimarah-marahin, dikomplain dan sebagainya karena Anda mau bayar cash semuanya di tempat tapi kemudian tidak kebagian kamar. Dengan membaca tulisan ini, berarti Anda sepakat dan setuju serta tidak ada lagi alasan bagi Anda untuk marah-marah karena tidak dapat kamar. Karena Anda tidak dapat kamar itu karena pilihan Anda sendiri, mau bayar cash on the spot.

Kenapa harus saya buat kebijakan seperti ini?

Perlu diketahui, saya membuat tulisan ini lima bulan setelah saya menjalani bisnis ini. Banyak kejadian-kejadian dimana saya harus menerima komplain dan harus saya klarifikasi. Awalnya ketika saya menjalani bisnis ini saya santai aja. tidak transfer DP ga masalah. Saya tau di internet pasti banyak sekali penipuan, dan mungkin Anda salah satu yang takut atau pernah ketipu dengan metode transfer. Saya paham. Tapi ternyata dengan kelonggaran yang saya buat, banyak pelanggan yang suka semena-mena dan menyalahgunakan kepercayaan yang sudah saya berikan.

Pengalaman saya banyak banget orang yang bilang mau booking, tapi karena suatu alasan tiba-tiba cancel. Dan yang paling menyebalkan sudah cancel, tapi tidak konfirmasi. Padahal di sisi lain ada banyak orang yang mau booking kamar juga jadi tidak kebagian gara-gara kelakuan orang seperti ini. Lalu akhirnya saya yang dirugikan.

Alasan lain, orang yang tidak mau transfer biasanya suka main-main. Saya sudah booking buat dia, tapi ga dateng2. Pernah suatu kejadian yang saya kesal sekali waktu itu ada yang mau booking kamar jam 11 malam. Dia hubungin saya jam 9 malam. Kebetulan saya udah mau pulang. Tapi saya pikir Cuma 2 jam, jadi saya tunggu saja. Saya tanya terus, udah dimana? Udah sampe pasar minggu kata dia. Kelihatannya meyakinkan. Saya tunggu berjam-jam gak sampe juga. Terakhir saya hubungi gak dibales, akhirnya gak ada kabar. Finally, saya lagi yang dirugikan waktu untuk menunggu orang yang tidak jelas.

Saya tidak punya atm, bayar langsung saja nanti bisa?

Kan bisa setor tunai ke bank. Atau minta tolong transferin dulu lewat temen, saudara dll. Kalo anda serius sih, hal kaya gini, harusnya bukan masalah. Kecuali kalo Anda main-main, ragu-ragu dsb.

Kalo saya langsung kesana aja sebelum hari H, kasih dp nya langsung ketemu gitu bisa?

Iya bisa. Tapi sebelumnya bikin janji dulu yaa. Kabarin. Takutnya saya atau karyawan saya tidak ada di tempat. Kalo Cuma mau kasih dp, ketemu di apartemen Margonda Residence Tower HH. Jam 12.00-14.00

Jangan main langsung dateng saja, tidak ada konfirmasi apa-apa. Sampai apartemen bingung mau kemana. Mau ngapain. Tiba-tiba nelpon saya. Kalo ada orang saya di apartemen, it’s okay. Tapi kalo tidak ada, Anda sendiri yang repot.

Sebelum Anda sewa, anda harus baca dulu keseluruhan isi web ini dengan baik dan benar. Jika Anda sudah mengerti, baru kontak saya untuk menyewa. Anda jangan berpikir sewa apartemen harian sama seperti sewa hotel yang selalu ada resepsionisnya 24 jam. Menyewa apartemen harian itu sama kaya kita mau sewa apartemen bulanan. Kalo Anda mau sewa apartemen bulanan gimana? Anda harus hubungi pemilik unit apartemennya dulu kan, bikin janji ketemu, mau masuk jam berapa, keluar jam berapa. Saya gak masalah kalo pun Anda butuh dadakan, asalkan Anda hubungi saya dulu sebelum on the way ke apartemen.

Contoh kasus.

Q: Mas, saya mau pesen hari ini jam 2 siang ada?
A: Iya masih available. Mau booking dulu?

Q: Saya langsung kesana aja mas, ini saya udah di jalan. Saya langsung bayar disana aja ya. Setengah jam lagi saya sampai.
A: Oke.

Q: Mas saya udah di apartemen.
A: Maaf kamarnya sudah full.

Q: Loh gimana sih mas? Barusan katanya ada! Gimana sih. Jangan mainin saya dong!!
A: Maaf tadi sudah ada yang transfer duluan, jadi saya dahulukan buat yang transfer. Thanks :)

Note: Saya tidak terima komplain seperti ini. tidak peduli Anda pesen setengah jam yang lalu, atau 5 menit yang lalu. Saya tidak mau tau Anda sudah di depan apartemen, atau sudah deket, atau dimana pun. Selama ada yang udah booking duluan via transfer, atau ada yang sudah sampai ke apartemen lebih dulu, saya kasih kamarnya ke yang duluan bayar. That’s the rules!!

Contoh Kasus kedua.

Q: Mas, saya mau pesen hari ini jam 2 siang ada?
A: Iya masih available. Mau booking dulu?

Q: iya mau.
A: Oke. DP 100rb dulu untuk booking

Setengah jam kemudian..

Q: Mas sudah saya transfer dp nya buat siang ini.
A: Maaf kamarnya sudah full.

Q: Loh gimana sih mas? Kok bisa gitu? Barusan katanya ada! Gimana sih. Jangan mainin saya dong!! Itu duitnya udah saya transfer!!
A: Maaf tadi udah ada yang dateng duluan ke apartemen, bayar cash. Jadi saya prioritaskan kepada yang duluan bayar. Tenang aja DP yang udah dikasih, pasti di-refund kok. Kirimin aja nomer rekeningnya. Thanks :)

Note: Kalo Anda sudah transfer, tapi kemudian ga dapet kamar, itu karena kesalahan Anda yang terlalu lama banyak nanya, tidak ditransfer-transfer sampe akhirnya keduluan orang lain. Biasanya sih dari yang sudah-sudah, keduluan sama orang lain yang transfer juga. Tapi, tenang saja jangan berkecil hati. Duit yang Anda transfer untuk DP, pasti saya kembalikan 100%.

Attention

Dengan membaca disclaimer ini, berarti Anda sudah mengetahui dan sepakat dengan aturan yang dibuat. Siapa yang paling cepet bayar, dia yang diproritaskan. Entah lewat transfer atau cash, terserah. Mohon kalo Anda memang ingin bayar Cash on the spot kemudian ternyata tidak dapat kamar karena sudah full, tolong saya jangan dimarahin. Serius. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 19 =